Sabtu, 05 Januari 2013

Tips Lolos Seleksi PCPM BI

PCPM BI merupakan singkatan dari Pendidikan Calon Pegawai Muda Bank Indonesia. Biasanya seleksi masuk PCPM BI diadakan setiap dua tahun sekali atau sesuai dengan kebutuhan SDM BI atas pegawai. PCPM BI adalah salah satu jalur rekrutmen pegawai BI yang terdiri dari beberapa tes diantaranya adalah:

1. Tes Administrasi
Pada tahap ini para pelamar akan diseleksi berbagai kelengkapan administrasinya mulai dari ijazah, KTP, akta kelahiran dan sebagainya. Tipsnya adalah persiapkan semua dokumen yang dipersyaratkan dengan baik dan harus lengkap. Ikuti semua ketentuan yang dipersyaratkan, mulai dari warna map apa yang harus digunakan untuk memasukkan dokumen sampai dengan urutan dokumen yang akan dimasukkan ke dalam map. Tips penting lainnya adalah harus punya IPK minimal 3.00. Bagi teman-teman yang merasa lulusan PTS juga jangan takut untuk mencoba. Anggapan bahwa hanya lulusan PTN saja yang bisa masuk BI tidaklah sepenuhnya benar. Kenyataannya latar belakang pendidikan pegawai BI sangatlah beragam mulai dari PTN, PTS bahkan lulusan luar negeri semua ada. Yang terpenting adalah memiliki kompetensi yang baik karena apabila IPK kita di bawah 3.00 maka sistem akan secara otomatis menolak pelamar tersebut. Skor TOEFL juga harus disiapkan meskipun pada tahap berikutnya ada tesnya tersendiri tapi apabila sudah terlatih dan mampu mencapai skor TOEFL minimal 500 bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi calon pelamar.

2. Tes Kemampuan Umum, Pengetahuan Umum dan Pengetahuan Khusus
Setelah pelamar dinyatakan lolos pada tes tahap 1, yaitu tes administrasi maka tahapan selanjutnya adalah tes kemampuan umum, pengetahuan umum dan pengetahuan khusus. Tes ini tidak berbeda jauh seperti tes seleksi pegawai di tempat lain. Tipsnya adalah jujur dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar masalah pribadi, perbanyak wawasan terutama mengenai isu-isu terhangat di dalam maupun luar negeri, dan sempatkan mengujungi website BI karena disana banyak sekali informasi berguna yang disampaikan mengenai BI sebagai bentuk transparansi BI kepada publik. Tips terpenting adalah tidur dan makan yang cukup sebelum mengikuti tes karena tes yang akan diadakan cukup lama waktunya, datang ke lokasi tes lebih awal dari waktu tes yang ditentukan dan ada baiknya kalau sehari sebelum pelaksanaan tes calon peserta tes sudah mengetahui lebih dulu ruangan tes yang akan digunakan. Perhatikan segala ketentuan untuk mengikuti tes, termasuk baju apa yang harus digunakan, boleh atau tidak membawa kendaraan pribadi ke lokasi tes, akses transportasi menuju lokasi tes, dan sebagainya.

3. Tes Bahasa Inggris (Pendahuluan) dan Tes Psikologis Tertulis
Untuk tahapan tes ini kemampuan dan pemahaman bahasa inggris para pelamar akan diuji. Tapi jangan takut dulu bagi yang merasa kemampuan bahasa inggrisnya pas-pasan karena bahasa inggris yang diuji dalam tahap ini masih bersifat mendasar seperti penggunaan subjek dan predikat dengan tepat. Untuk tes psikologis tertulis jawab setiap pertanyaan dengan jujur karena apabila jawaban kita dibuat-buat maka akan terlihat inkonsisten pada akhirnya sehingga akan merugikan diri sendiri. Tipsnya untuk tahapan tes kali ini sama dengan tes tahap dua, yaitu istirahat dan makan yang cukup sebelum mengikuti tes dan datang ke lokasi tes lebih awal dari waktu pelaksanaan tes serta mengetahui lokasi tes dilaksanakan. Perhatikan persyaratan-persayaratan untuk mengikuti tes. Untuk masalah pakaian yang digunakan, apabila tidak ada aturan yang menyebutkan harus berpakaian apa untuk mengikuti tes tahap 3 maka sebaiknya gunakan jenis dan warna pakaian sebagaimana pada saat mengikuti tes tahap 2.

4. Diskusi Kelompok dan Wawancara Individu
Pada tahap ini peserta tes akan dibagi dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 6-7 orang. Selanjutnya masing-masing kelompok akan diberi skenario kasus, bisa berupa isu terkini yang sedang ramai dibahas. Tipsnya adalah harus aktif berbicara selama diskusi tapi jangan mendominasi proses diskusi. Beri kesempatan kepada rekan sekelompok untuk berbicara, hal ini justru memberi nilai lebih kepada kita dibandingkan dengan apabila kita mendominasi proses diskusi. Jadilah time remainder bagi kelompok dan usahakan mengarahkan diskusi sesuai topik jika diskusi rekan-rekan sekelompok mulai melebar dari inti topik. Berikutnya adalah wawancara individual antara peserta tes dengan psikolog. Dalam wawancara ini kita harus bersikap hangat dan ramah. Jawab setiap pertanyaan yang diajukan dengan deskriptif namun tetap efektif. Artinya jelaskan jawaban kita dengan baik tapi jangan bertele-tele. Yang penting adalah just be your self and relax.

5. Tes TOEFL
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tes TOEFL termasuk dalam rangkaian tahap seleksi PCPM BI. Skor minimal yang dipersyaratkan dalam tes ini adalah 500, namun mengingat sistem penilaian yang digunakan dalam seleksi PCPM BI ini adalah berdasarkan peringkat se-Indonesia maka ada baiknya bila peserta tes sudah terlebih dahulu menyiapkan dan banyak berlatih untuk mencapai skor TOEFL di atas 500. Bahkan bagi peserta yang sudah memiliki sertifikat TOEFL sebelumnya bisa menyerahkan sertifikat tersebut pada saat hari pelaksanaan tes dan tidak perlu mengikuti lagi tes yang sedang diadakan asalakan sertifikat yang dimaksud adalah sertifikat resmi TOEFL dan bukan sertifikat TOEFL preparation serta skornya minimal 500.

6. Tes Psikiatri
Sesuai dengan namanya tes ini berhubungan dengan masalah kejiwaan peserta tes dan berbeda dengan tes psikologis. Pada tes ini jawaban yang diberikan adalah jawaban yang paling mendekati kondisi peserta tes. Sehingga harus dijawab dengan jujur agar hasilnya konsisten. Jumlah pertanyaan yang harus dikerjakan cukup banyak sedangkan waktu yang tersedia terbatas, jadi harus mengerjakan dengan cepat karena memang dalam tes ini tidak perlu berpikir tapi hanya perlu jujur.

7. Tes Kesehatan
Tes kesehatan calon pegawai BI termasuk sangat komprehensif mulai dari tes urin, darah, jantung, mata, berat badan dan kesehatan umum. Tipsnya adalah biasakan gaya hidup sehat. Bagi yang merasa berat badannya belum masuk kategori ideal cobalah diatur dari sekarang. Berat badan ideal dalam tes ini dihitung berdasarkan rumus BMI (Body Mass Index) jadi bukan berarti berat badan kita harus selangsing dan sekeren model tapi berat badan yang sehat. Bagi teman-teman yang suka merokok sebaiknya puasa dulu dari rokok beberapa hari sebelum pelaksanaan tes kesehatan. Jaminan kesehatan BI bagi para pegawainya termasuk sangat baik, jadi masuk akal apabila tes kesehatannya juga sangat komprehensif.

8. Wawancara Akhir
Last but not least, setelah serangkaian tes yang cukup panjang dan lama (kurang lebih 9 bulan) akhirnya tes terakhir dari seleksi calon pegawai BI adalah tes wawancara akhir. Disini peserta tes akan dikelompokkan berdasarkan jurusan dan terdiri dari sekitar 5 orang. Wawancara dilakukan oleh 3 orang pejabat BI yang terdiri dari 2 orang pejabat BI minimal Direktur Eksekutif dan Deputinya serta 1 orang dari Departemen SDM. Tipsnya adalah santai, jujur dan menjadi diri sendiri. Jawablah setiap pertanyaan dengan jujur, apabila ada pertanyaan yang tidak bisa kita jawab maka jawablah secara diplomatis bahwa kita belum pernah mendengar hal tersebut atau pemahaman kita masih terbatas. Jangan pernah bersikap sok tahu karena pada akhirnya akan ketahuan juga kalau kita berbohong karena yang dihadapi adalah pejabat BI yang sudah berpengalaman dan kompeten di bidangnya masing-masing.

Secara keseluruhan tips untuk mengikuti seleksi PCPM BI ini adalah harus bersabar karena proses yang harus dijalani cukup panjang dan lama, perbanyak doa dan ibadah, doa dan restu dari orang tua adalah hal yang paling penting, jalani setiap tahapan tes dengan persiapan sebaik-baiknya karena diri kita yang paling mengetahui kompetensi kita jadi jangan ragu untuk mempelajari hal-hal yang masih belum cukup kita kuasai, sering-seringlah berkunjung ke website BI di http://www.bi.go.id/web/id/Ruang+Media karena informasi mengenai kesempatan berkarir di BI pasti ada di website tersebut, dan terakhir jaga motivasi serta niat kita melamar ke BI karena proses seleksi yang panjang ini hanya sebagian dari proses yang harus dilalui untuk bisa menjadi pegawai Bank Indonesia. Semoga berhasil dan selamat berkarya untuk Indonesia tercinta...

24 komentar:

  1. Terima Kasih atas infonya, Bu.. Smoga bisa bermanfaat, khususnya bagi diri saya sendiri yg akan segera lulus dr Fak. Ekonomi Gadjah Mada.

    BalasHapus
  2. Bahasa yg digunakan dlm wawancara akhir indonesia atau inggris kah?mohon bantuannya ya bu:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dua-duanya.. bisa jadi separuh sesi wawancara menggunakan b.indonesia selanjutnya b.inggris atau bahkan dari awal sampai akhir kita diminta menggunakan b.inggris, so get prepared yah..

      Hapus
  3. Kalau boleh tau..pertanyaan dalam wawancara seputar apa saja bu?:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama aja dgn pertanyaan wawancara di tempat2 lain.. :)

      Hapus
  4. Kalau boleh tau untuk tes tahap 3 membutuhkan waktu berapa lama ya?

    BalasHapus
  5. Ahaa...terimakasih gustian, nice info banget ya.. #IfYouKnowWhatIMean :D

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Assalamu'alaikum....
    Mbak kalau lulusan pendidikan matematika bs tdk y ikt tes pcpm bi? Atau hny mipa yg mtk murni aj?
    D tnggu jwb an nya.
    Trims y mbak

    BalasHapus
  8. mohon info: kalau sudah dipanggil untuk mengikuti test, tapi karena ada kendala dll jadi ngga bisa ikut test, apakah besok taun depan bisa tetap melamar di BI atau?

    BalasHapus
  9. mba untuk proses no 3, apakah keduanya tes secara tertulis atau secara lisan? terima kasih

    BalasHapus
  10. Terima kasih atas infonya mbak... saya mau nanya yang tes tahap "current issues dan kebanksentralan" itu referensi materi soalnya bisa dilihat di mana ya??

    trus kira2 brp orang yang akan direkrut BI setelah thap wawancara akhir??

    ditunggu jawabannya ya mbak.. :D

    -Iqbal-

    BalasHapus
  11. mbak, kalau untuk lowongan D3 Bank Indonesia kapan buka lagi ya? terakhir tahun 2010.. ;)

    BalasHapus
  12. Mbak, biasax setelah lulus tes di BI, berapa tahun masa kontrak kerjax? kalo di BUMN kan rata2 2 tahun.. Mohon infox, thanks...

    BalasHapus
  13. nice info kakak... keren bangetttt semoga sukses untuk kita semua.. Amiin

    BalasHapus
  14. kalau lulusan matematika terpakai kah?

    BalasHapus
  15. Mbak gusti... aq gagal di tahap 3: diskuai klompok, wwncara individu, n pskiatri lnjutan. Adakah kaitanny dgn ktidaksesuaian jurusan? S1 minta matematika sdgkan saya S1 kimia. S2 mnta sdm sdgkn saya pemasaran. Jika bgitu mengaa tidak disaring dr awal ya mba? Saya sedih sekali

    BalasHapus
  16. Untuk 2014 ini kira2 kapan ya mba dbuka kembali pcpm nya? Bnyk pegawai dipindah ke ojk kan? Hehe.
    -tari-

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. kalo saya baru masuk kuliah bisa tidak untuk ikut test pcpm?

    BalasHapus
  19. Saya ikut selesksi kasir yunior apa sama,wawancaranya?
    Terima kasih ya Mba Gustian infonya.

    BalasHapus